Skip to main content

5 TIPS MEMBUAT JAMUR KRISPI

5 Tips Membuat Jamur Krispi (Balut Tepung) yang Garing dan Enak

5 Tips Membuat Jamur Krispi (Balut Tepung) yang Garing dan Enak
Penulis: Ninna.L | Editor: Ria
Daripada ngemil snack yang berpengawet dan mengandung banyak micin atau bahan penyedap tambahan, saya lebih suka membuat camilan sendiri yang pastinya sehat dan enak. Nah, salah satu camilan favorit saya adalah jamur krispi. Bahkan jika malas masak, saya sering menjadikan jamur krispi ini sebagai lauk. Rasa jamur tiram yang gurih dan kenyal, sangat pas dipadukan dengan krispinya tepung yang digoreng.
Apalagi jika dicocol saos, rasanya makin nikmat. Untuk mendapatkan tekstur jamur yang krispi itu tak bisa sembarangan saat membuatnya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Mulai dari pemilihan bahan, sampai cara menggorengnya. Nah, untuk lebih detailnya, anda bisa cek di bawah ini.
1. Pilih jamur yang segar dan berukuran besar
Untuk membuat jamur krispi yang enak, maka anda membutuhkan jamur tiram yang masih segar. Cirinya adalah bentuk jamur utuh dan tidak lembap/berlendir. Usahakan juga memilih jamur dengan ukuran yang besar agar nantinya jamur tidak hancur saat digoreng.
2. Perhatikan cara mencuci jamur
Ternyata, cara mencuci jamur juga akan sangat berpengaruh lho pada teksturnya saat digoreng. Jika jamur tampak bersih, cukup dilap saja dengan lap basah yang bersih agar jamur tidak hancur dan berair. Tapi jika jamur kotor dan berbau, anda bisa merendamnya di air garam selama kurang lebih sepuluh menit. Sebelum diolah, tiriskan dulu airnya dengan cara mengibas-ngibas jamur dengan kuat, lalu suwir menjadi ukuran yang lebih kecil. Hindari memeras jamur dengan tangan, karena hal tersebut hanya akan membuat jamur layu dan kehilangan teksturnya.
3. Perhatikan pemilihan tepung
Agar mendapatkan jamur yang krispi setelah digoreng, maka pemilihan tepung harus diperhatikan. Gunakan tepung terigu yang masih baru, lalu tambahkan dua sendok makan tepung beras atau tepung maizena. Penambahan tepung tersebut bertujuan untuk membantu agar tekstur jamur lebih renyah ketika digoreng.
4. Lapisi jamur beberapa kali
Sebelum dibalur tepung, anda harus mencelupkan jamur terlebih dahulu pada campuran adonan yang terbuat dari tepung terigu, bawang putih halus, garam, lada bubuk, dan air es. Setelah itu, barulah anda bisa mulai menggulingkannya ke dalam adonan tepung yang kering. Pastikan seluruh permukaan jamur tertutup sempurna oleh tepung.
5. Goreng jamur dalam minyak panas
(Image: Lazada)
Setelah semua adonan jamur jadi, segera goreng dalam minyak panas yang penuh atau deep frying. Selama proses penggorengan, hindari mengaduk-aduk jamur, karena akan membuat minyak terserap ke dalam jamur sehingga jamur jadi basah dan tidak renyah. Goreng jamur sebentar saja sampai berwarna kuning kecokelatan di kedua sisinya, lalu angkat dan tiriskan minyaknya.
Supaya lebih mudah, gunakan Maspion Multi Fryer (lihat di Lazada) untuk menggoreng jamur secara deep frying. Satu paket penggorengan ini terdiri dari panci penggoreng dan saringan. Dengan adanya saringan ini, jamur akan bisa digoreng hingga terendam dalam minyak. Jamur goreng pun akan lebih renyah, krispi, dan matang merata.
Sekarang, jamur krispi anda sudah jadi dan siap untuk dinikmati bersama keluarga. Jamur krispipaling enak disantap langsung selagi hangat sampai habis. Karena semakin lama, jamur akan layu dan rasanya menjadi kurang enak. Atau kalaupun anda ingin menyimpannya, pastikan simpan dalam wadah kedap udara yang sudah dilapisi dengan tisu atau kertas roti untuk menyerap minyaknya. 

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK KECANTIKAN WAJAH

4 CARA MEMBUAT DONAT

CARA MEMBUAT KOTAK PENSIL